Tahukah Anda bahan pengempuk alami untuk daging ?
By Romeo
13:38, 08 Desember 2015

Resep.id - Biasanya, saat membeli daging, kendala yang akan banyak dialami ibu-ibu sebelum mengolah daging adalah hasil masakan yang alot. Daging terkadang akan alot karena cara memasak yang salah dan lain sebagainya. Kamu bisa mengempukkan daging dengan cara dipukul-pukul, tapi ini agak melelahkan dan cara ini juga bisa menghancurkan tekstur daging.

Ada sekian bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mengempukkan daging sebelum dimasak, ini daftarnya.

 

  • Daun pepaya

    Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat memecah protein daging sehingga membuat daging empuk. Caranya gampang, ambil beberapa lembar daun pepaya, remas-remas bersama daging lalu bungkus daging dengan daun pepaya dan biarkan hingga 30 menit, baru bisa diolah.

     
  • Buah nanas

    Buah yang kaya vitamin C ini juga mengandung bahan yang bisa memecah protein dan membuat daging empuk. Kamu cukup ambil nanas secukupnya, parut atau hancurkan, lalu lumuri daging. Setelah didiamkan 20 menit, bilas bersih dan baru bisa diolah.

     
  • Cuka apel

    Cuka apel bisa juga dimanfaatkan. Jus satu buah apel, lalu rendam daging dengan jus apel ini. Biarkan satu jam sebelum bisa dimasak.

     
  • Buah kiwi

    Buah yang mahal ini sayang sekali jika dijadikan bahan pengempuk daging, namun jika kamu mau mencobanya juga boleh. Kiwi mengandung zat yang bernama actinidin yang bisa membuat daging empuk. Cukup remas-remas kiwi dan biarkan buahnya membalur daging. Setelah 20-30 menit, bilas dan daging siap olah.

     
  • Sari Lemon

    Sama halnya dengan nanas dan cuka apel, perasan lemon juga bisa mengempukkan daging. Namun kamu harus sabar menunggu, kurang lebih 1 jam baru bisa empuk dan daging siap diolah.

     
  • Tomat

    Buah tomat bisa dihancurkan lalu dibalurkan pada daging. Remas-remas daging bersama tomat dan diamkan kurang lebih 40-60 menit agar empuk.

     
  • Kopi Hitam

    Bubuk kopi juga bisa membuat daging empuk. Campur dengan sedikit air lalu balurkan ke daging.

     


Sumber : Vemale.com