By Romeo
21:00, 25 Maret 2016

Bawang merah merupakan bahan masakan yang harus ada di hampir semua masakan Indonesia. Bawang merah mempunyai rasa yang hampir sama dengan bawang bombai. Namun rasanya tidak sekuat bawang putih. Ada beberapa jenis bawang merah, yang membedakannya hanyala bentuknya. Dari segi rasa semua memiliki rasa yang sama.

Membeli bawang merah hampir sama dengan membeli bawang putih. Akan lebih baik jika beli dalam keadaan masih dengan kulit. Pilih yang masih baik bentuknya dan kering. Hindari memberi bawang merah yang sudah tumbuh tunasnya, atau juga bawang merah yang sudah lunak dan yang banyak bintik di bagian kulit.

Di suhu ruangan bisa bertahan hingga 1 bulan. Simpan di tempat yang kering dan bersikulasi udara yang baik.

Di dalam kulkas bisa bertahan hinggai5 hari. Jika sudah dalam keadaan terpotong, lebih baik jika sisimpan dalam Tupperware dan disedkit minyak sayur.

Sebelum menggunakan bawang merah bisa dikupas dahulu. Untuk memudahkan mengupas kulit bawang merah bisa potong bagian akar lalu mulailah mengipas dari sayatan tersebut.

Cara terbaik dalam memasak bawang merah adalah dengan menumisnya dengan api sedang. Jangan sampai terlalu lama dan terlalu gosong.

Bawang merah juga bisa digoreng, namun unutk hasil yang lebih baik bisa di rendam sebentar dengan air garam.

Bawang merah dapat di sajikan sebagai taburan untuk beberapa masakan dalam bentuk bawang goreng. Juga bisa di jadikan campuran dalam minyak zaitun sehingga ada rasa manis dari bawang merah untuk menambah rasa dari salad.

Air 80%
Protein 0,3 gr
Karbohidrat 1,7 gr
Kalori 7 kkal