By Romeo
12:12, 26 Maret 2016

Tanaman buah yang terkadang lebat dan merambat, berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Tomat memiliki berbagai macam varian warna, rasa, bentuk dan ukuran bergantung pada jenisnya. Tomat Ceri memiliki diameter 2.5-3 cm. Tomat kuning menyerupai buah pir kecil. Tomat kuning sedikit kurang asam daripada yang merah. Tomat plum (Tomat Italia atau Roma) menyerupai telur kecil. Tomat anggur, adalah bayi tomat plum. Tomat yang umum mempunyai bentuk yang melingkar, memiliki diameter 6-12 cm dan berat 75g-1kg. Tomat hijau memiliki ukuran sedang dan lebih berasa. Tomat organik adalah tomat yang telah lama diubah untuk waktu lama. Tomat hidroponik diciptakan oleh petani Amerika tahun 1984 dalam rangka kebutuhan industri untuk kemudahan panen dan pengemasan tomat.

::Pilih: Tomat utuh tanpa retak dan kerut, keras namun masih dapat ditekan, dengan warna yang cerah dan bau yang segar

::Hindari: lembut, berbintik atau tomat yang rusak. Membeli tomat pada akhir musim panas adalah yang terbaik, karena diambil saat matang.

::Suhu ruangan: 1 minggu, jauh dari sinar matahari. Jangan dicuci hingga digunakan. Bungkus masing-masing tomat hijau dengan kertas atau tutupi dengan kain untuk mempercepat proses pematangan. Kemudian dapat disimpan untuk beberapa minggu.

::Didalam kulkas: untuk memperlambat proses pematangan (2-3 hari). Diamkan tomat disuhu ruangan selama 30 menit sebelum memakannya untuk rasa yang lebih enak.

::Didalam freezer: rebus tomat selama 30-60 detik dan rendam dalam air dingin sebelum mengupas kulitnya, tanpa membiarkannya terendam lama. Tomat dapat dimasak selama 5-6 menit atau hingga halus dengan garam dan gula (1 sendok teh/masing-masing 5 sendok) sebelum membeku.

Untuk tomat kaleng, gunakan proses pembersihan dan letakkan dalam toples bersih. Tambahkan 1 sendok makan (15ml) dari sebotol jus lemon untuk tiap 2 gelas (500ml) tomat, atau 1/5 sendok teh (1ml) asam sitrus. Tambahkan ¼ sendok teh (2ml) garam. Tambahkan bahan dasar tersebut setelah seluruh tomat didalam toples.

Cuci tomat. Kupas, keluarkan bijinya dan potong jika diingkan sesuai dengan penggunaanya.

::Pengupasan: celupkan tomat selama 15-30 detik dalam air mendidih (jangan biarkan sampai matang atau hingga terendam, dinginkan atau diamkan dalam air dingin. Saringan atau keranjang logam akan lebih membantu. Tomat yang sudah matang harus dikupas dengan cepat. Potong hingga ke kulitnya, pegang kulitnya diantara ibu jari dan pisau dan kemudian tarik.

::Sebagai benih: potong tomat menjadi setengah dan peras jus dan bijinya, kemudian hilangkan sisa dari bijinya.

::Sebagai dipotong: hilangkan bagian terkeras dari tomat sebagai pegangan dengan memotong membentuk lingkaran.

Hindari memasak tomat dalam wadah aluminium, ini akan membuat panci terkikis. Tambahkan sedikir gula atau madu selama memasak untuk menentralisir keasaman dari tomat. Masak tomat dalam panas yang sedang agar tidak sulit untuk diambil isinya.

::Direbus atau dipanggang: 8-15 menit. Potong menjadi setengah bagian dan tempatkan pada pan.

::Tumis atau digoreng

Tomat dapat dimakan saat mentah ataupun dimasak. Tomat mentah dimakan biasa, disajikan dengan vinaigrette atau dalam salad dan sandwiches. Tomat ceri dimakan saat mentah, lebih sering sebagai hiasan.

Tomat dapat digunakan untuk membuat selai atau digunakan untuk sup, saus, omelet, risottos, pangangan dan sebagai bumbu. Ini adalah bahan penting dalam ratatouille, gazpacho, pizza dan caponata (sayur rebus ala Mediterania)-sangat bermanfaat dengan bawang putih, bawang merah, kemangi, tarragon, timi, daun salam, oregano, jinten. Akan lebih lezat dengan minyak zaitun, paprika dan terong.

Tomat adalah pendamping yang pas untuk ikan tuna dan sarden sama halnya dengan daging sapi, ayam dan telur serta dihidangkan diberbagai saus dan masakan Italia.

Tomat hijau, dimakan setelah dimasak dengan cara ditumis, digoreng atau diasinkan.  Tomat dapat dibuat sebagai jus, saus atau coulis, bubur atau dihancurkan.

Air 93.8%
Protein 0.8 gr
Lemak 0.3 gr
Karbohidrat 4.6 gr
Serat 1.2 gr
Kalori 21 kkal