Pembuatan Muffin: Mentega Cair atau Mentega Padat?
By Romeo
05:15, 27 November 2015

Resep.id - Pembuatan muffin ada beberapa metode, semua metode digunakan  oleh para pakar pastry. Perbedaan utama dalam metode-metode tadi adalah perlakuan pada mentega dan margarinnya.

Muffin adalah kudapan yang sangat mudah dibuat. Tinggal diaduk, jadilah adonannya.Lalu masukkan ke dalam oven ,Tersaji sudah. Kunci utama pembuatannya ada pada pengadukannya. Pengadukan harusdilakukan perlahan dan tidak boleh terlalu kuat supaya adonan tidak mengaret lantas menjadi berpori besar.

Mentega Padat

Metode yang pertama mentega tidak dilelehkan, tetapi langsung diaduk bersama tepung. Akibatnya adonan menjadi berbutir-butir. Tak soal Anda bisa ke tahap selanjutnya yaitu mencampur susu atau cairan yang ada dan telur sampai rata. Cairan ini yang digunakan untuk melarutkan tepung. Tentu bagian yang berbutir tidak akan larut semuanya. Biarkan saja sebab pengadukan yang terus-menerus dan kuat akan membuat muffin bantat.

Mentega Cair

Metode kedua dengan cara pembuatan muffin yang lebih mudah menggunakan mentega, margarine cair. Mengapa lebih mudah karena kita bisa menyatukan margarine mentega cair ini bersama susu, dan telur lalu mengaduknya bersama tepung. Pengadukan pastikan rata.

Hasil Muffin dalam 2 metode

Muffin yang diaduk bersama mentega padat lebih mengembang dan moist ketimbang muffin yang dibuat dari mentega cair.


Sumber : Semy.2015.