By Philip
21:35, 05 Juni 2016

Tanaman buah cermai, memiliki semak yang padat dengan batang yang berduri. Buah cermai dilapisi dengan kulit tipis yang tembus pandang. Mereka berair, wangi dan memiliki sedikit daging yang didalamnya terdapat biji yang kecil. Jenis buah cermai dapat dibagi menjadi tiga bagian. Cermai merah atau putih berasal dari Eropa Utara dan Asia. Berbentuk bulat, merah atau putih, diameternya tidak lebih besar dari ¾ in. (5 mm). Cermai lebih besar dari cermai merah atau putih dan tumbuh sendiri dengan semak berduri. Berasal dari Eropa, dimana biasanya dinikmati. Blackcurrant adalah cermai berwarna hitam. Berasal dari Eropa Utara

::Pilih: cermai yang utuh dan berwarna baik. Untuk selai atau jeli, pilih cermai yang sedikit kurang matang (kandungan pektinnya sangat tinggi)

::Dalam kulkas: kondisi segar, 2-3 hari

::Dalam Freezer: simpan seluruhnya dengan atau tanpa gula. Gunakan seluruhnya sebelum meleleh, karena mereka memiliki banyak rasa.

 

Cuci buah cermai hanya pada saat akan digunakan. Untuk mengupas cermai merah atau putih dari batang, dapat menggunakan jari, garpu atau sisir yang bergigi lebar.

Masak buah cermai secara perlahan dengan jumlah air yang sedikit, cukup untuk mencegah dari saling lengket (3-5 menit). Tambahkan gula setelah memasak

Cermai merah dan putih dapat dimakan secara mentah, atau dibuat untuk salad. Digunakan dalam pudding, kue dan pie. Cocok dengan pir, prem, frambos dan nanas. Cermai merah dan putih biasanya digunakan sebagai manisan buah, jeli, selai, sirup dan anggur. Jus cermai sangat cocok dalam vinaigrette sebagai pengganti cuka.

Cermai dimakan mentah dengan gula. Mereka digunakan untuk pie, makanan penutup, jeli dan sirup. Dapat digunakan pada pudding, sambal dan salad buah. Digunakan sebagi hiasan untuk daging dan ikan.

Blackcurrant digunakan untuk membuat minuman, anggur, coulis (saus yang dihaluskan) dan jeli

Air 88 %
Protein 0.9 g
Lemak 0.6 g
Serat 4.3 g
Karbohidrat 10 g
Kalories 46 kkal