By Philip
21:36, 17 April 2016

Tanaman buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah yang digunakan sebagai sayuran. Labu siam yang juga dikenal sebagai “mirliton” mempunyai ukuran yang kecil, kasar, dan kulit berwarna hijau muda, hijau tua, putih kekuningan yang dapat dimakan. Pucat, keras dan dagingnya renyah tidak memiliki rasa yang kuat dan memiliki air yang banyak. Membungkus lubang yang dapat tumbuh didalam buah dan dapat dimakan saat dimasak.

Pilih: labu siam yang keras tanpa ada bekas tanda

Hindari: labu siam yang memiliki kulit yang tebal

Dalam kulkas: beberapa minggu, bungkus dengan kertas pembungkus

Kupas labu siam sebelum atau sesudah memasak. Cairan lengket akan keluar saat labu siam dikupas, sehingga disarankan menggunakan sarung tangan atau kupas dengan air yang mengalir.

 

Rasanya yang lembut dari labu siam akan lebih baik saat tetap sedikit renyah setelah memasak.

Direbus atau dikukus: 10-15 menit

Labu siam dimakan mentah sebagai salad atau dengan biasa, dengan sajian vinaigrette. Saat dimasak, dapat dilapisi dengan saus atau gratini. Saat matang (saat bijinya mulai tumbuh), labu siam dapat dikupas dan dimasak, dapat digunakan dalam hidangan ala Kreol (acras dan gratin). Labu siam sebagai bahan dasar dalam sup dan rebusan, tumis, diisi sebagai asinan dan sambal buah, dsb. Labu siam dapat digunakan sebagai pengganti labu musim panas dari kebanyakan resep.

Gula, jeruk nipis, kayu manis dan pala dapat ditambahkan untuk kolak labu siam sebagai hidangan penutup.

Air 96 %
Lemak 0.5 g
Protein 5.1 g
Karbohidrat 0.7 g
Kalori 24 kkal