By Philip
22:38, 17 April 2016

Buah dari tanaman asli berasal dari daerah tropis dan subtropis Amerika, kemungkinan Brazil. Nanas adalah campuran dari buah individu yang bergabung. Tidak memiliki biji. Dagingnya yang kuning berserat, banyak air dan manis. Dagingnya lebih lembut, manis dan berwarna di bagian bawah buah. Keempat varietas dari nanas dibawah ini adalah yang penting. Cayenne pineapple, yang mana dagingnya kuat dan berserat mempunyai banyak air, keasam-asaman dan sangat manis, adalah varietas yang paling umum. Daging dari Queen Pineapple lebih kuat dan lebih kuning dari varietas Cayenne; tidak terlalu berair, asam dan manis. Red Spanish Pineapple memiliki daging yang pucat, asam, sedikit berserat dan sangat berbau. Pernambuco pineapple  adalah nanas berukuran sedang dengan daging berwarna kuning atau putih. Dagingnya yang lembut dan manis juga agak asam.

Nanas yang berat untuk ukurannya dan memiliki bau yang enak, dengan tidak ada bintik, tercetak atau bagian yang lembab, yang mana menghasilkan daging saat ditekan sedikit dengan jari. Daun harus memiliki warna hijau yang bagus. Ketuk nanas perlahan dengan kepalan tangan; suara yang redam menandakan buah yang masak, suara yang bergema menandakan sedikit air.

Hindari: Nanas dengan bau menyengat, “mata” hitam, bagian lunak dan daun yang kuning

Nanas sangat rapuh; makan langsung setelah membeli.

Dalam suhu ruangan: 1-2 Hari

Dalam kulkas: 3-5 hari, dalam kantong plastic yang ditutup longgar atau yang penuh lubang. Keluarkan dari kulkas beberapa menit sebelum dimakan untuk meningkatkan rasa. Tutup nanas yang sudah dikupas dengan cairan dan tempatkan di wadah kedap untuk menyimpan selama beberapa hari.

Dalam freezer: potong, dalam air nanas atau dalam sirup manis (untuk mengurangi rasa

Kulit harus diupas sebelum nanas dimakan. Beberapa metode yang dapat digunakan:

  • Potong membelah dua, kemudian iris kulitnya tipis, dari atas ke bawah. Buang matanya dengan memotongnya menggunakan mata pisau. Potong nanas ke bagian, kemudian, bila diinginkan, ke bentuk kotak. Tidak harus untuk membuang intinya bila nanas sangat masak.
  • Potong membelah dua, kemudian potong nanas menjadi dua memanjang. Pisahkan daging dan kulitnya dengan pisau, kemudian buang intinya bila diinginkan, kemudian potong dagingnya. Satu juga dapat menyimpan nanas utuh dan hanya membuang atasnya, kemudian ambil dagingnya dengan pisau. Daging yang sudah dipotong dapat ditaruh kembali ke kulitnya.
  • Peralatan silinder juga dapat digunakan untuk membuang kulitnya. Tidak dapat disesuaikan dengan bentuk nanas, jadi terkadang hasilnya kita kehilangan banyak daging. Nanas kehilangan air saat dikuliti dan dipotong. Dapat disimpan dengan memotong buah pada piring cembung.

Nanas baik dimakan langsung atau ditaburi dengan rum atau kirsch. Digunakan juga dalam saus, pie, kue dan salad buah, yogurt, es krim, minuman, pembuatan gulali dan minuman campuran. Kue Nanas adalah resep klasik dari Amerika Utara. Nanas dapat mendampingi makanan lezat. Kadang bagian dari makanan yang asam-manis, mendampingi makanan laut, bebek, ayam atau babi.  Ham dan nanas adalah kombinasi klasik di Kanada dan Amerika Serikat. Nanas bekerja baik dengan keju lembut, nasi dan salad kubis, ayam atau udang. Nanas yang dikeringkan digunakan saat atau setelah direndam air, jus atau alkohol.

Air 87 %
Lemak 0.5 g
Protein 0.4 g
Serat 0.5 g
Karbohidrat 12 g
Kalori 50 kkal